Posts Subscribe to This BlogComments

Pages

Jumat, 23 November 2012

Kota Pontianak

Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat di Indonesia. Pontianak juga dikenal dengan nama 坤甸 (Pinyin: Kūndiān) oleh etnis Tionghoa di Pontianak. Pontianak dikenal sebagai kota Khatulistiwa karena di lalui garis luintang nol derajat bumi.
 Pontianak juga memiliki objek wisata, antara lain:

1. Tugu Khatulistiwa
     Kejadian alam yang unik dimana posisi titik perpotongan antara pusat matahari dengan garis Khatulistiwa berada pada 109o  201  00”  bujur timur atau disebut kulminasi, terjadi pada setiap tanggal 21-23 Maret dan September menjelang tengah hari. Pada saat itu semua benda yang berada disekitar tugu tidak memiliki bayangan. Puncak peristiwa kulminasi matahari ini dapat disaksikan hanya sekitar 5-10 menit. Sembari menunggu peristiwa kulminasi, di kawasan tugu khatulistiwa Pontianak diadakan serangkaian acara kesenian tradisional yang dihadiri oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

2. Makam Batu Layang
 
Makam batu layang biasa di sebut dengan Taman Makam dari Kerajaan Pontianak, mulai dari Raja pertama (Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie) hingga raja terakhir (Sultan Hamid II) serta beberapa keluarga raja.       
Tempat ini biasanya ramai di kunjungi, khususnya pada hari besar islam. Taman Makam ini terletak kurang lebih 2 Km dari Tugu Khatulistiwa yang dapat dikunjungi dengan menggunakan transportasi darat maupun transportasi air (sampan).      

3. Masjid Jami
 
Masjid Jami’ adalah salah satu masjid besar peninggalan masa kesultanan Pontianak. Lokasinya berada di pinggiran sungai yang indah dan masih asli, walaupun struktur dari masjid Jami’ tersebut  telah mengalami rekonstruksi. Setiap jum’at siang, kayu belian yang masih ada di dalam masjid turut bergema oleh suara adzan. Selama hari raya islam, masjid ini menjadi pusat beribadah bagi masyarakat dan warga sekitar yang memperingatinya. Masjid Jami’ dapat di jangkau dengan menggunakan sampan dari pelabuhan Seng Hie atau dengan mobil melewati jembatan kapuas.



source :http://pariwisata.pontianakkota.go.id/ dan ada di edit sedikit oleh pihak ismullah20.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Profil

Foto saya
saya tahu saya banyak kekurangan tapi ndak tahulah bagaimana menurut anda (Pembaca Blogger Ismullah)

Followers